Whedey Ampalor
Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 01 Februari 2013

cara mereset password windows 8 yang kelupaan


 
windows 8 baru rilis, masih seger-segernya, fresh from the open. namun di forum-forum didunia maya sudah ramai diperbincangkan tentang fitur-fitur barunya, tentang tips dan triknya, dan tentang teknik-teknik tersembunyi yang bisa dieksploitasi untuk memaksimalkan fungsi dari windows 8. nah sekarang bagaimana jika ternyata anda kelupaan password windows 8 anda..?. jika yang kelupaan adalah password microsoft account anda sih gampang anda tinggal melakukan reset password secara online dan mengisikan data pertanyaan rahasia anda. tapi bagaimana jika yang lupa adalah password local anda..?? ternyata caranya nggak sesimpel mereset password pada windows-windows terdahulu. ikuti cara mereset password windows 8 berikut ini

Reset Password windows 8

langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuat system repair disk. untuk membuat system repair disk ini bisa anda lakukan dari komputer manapun yang bisa anda akses (selama masih ber OS windows 8). anda bisa membuatnya dari komputer temen anda, adik anda, orang tua anda, istri anda atau komputer majikan anda juga boleh. anda bisa membuat system repair disk ini melalui DVD blank atau UFD juga boleh, tapi jika komputer anda memang ada DVD ROM-nya lebih disaranin menggunakan DVD blank alias DVD kosong.
masukan DVD kosong anda atau UFD yang akan anda gunakan sebagai system repair disk kedalam komputer windows 8 yang bisa anda akses (ya komputer windows 8 anda kan lagi nggak bisa diakses karena lupa passwordnya).
jika sudah akses charmbar search dengan menekan tombol Windows + F , pada kolom search ketikan recovery lalu klik menu Settings dan klik Windows 7 Recovery.
reset password windows 8 langkah 1
pada jendela berikutnya yang muncul klik tombol Create a system repair disk (lihat gambar dibawah).
reset password windows 8 langkah 2
Pada jendela pop up yang muncul klik tombol Create disc, dan tunggu proses hingga selesai. setelah selesai akan muncul jendela konfirmasi seperti gambar dibawah, klik tombol Close.
reset password windows 8 langkah 3
selanjutnya keluarkan DVD recovery yang sudah anda buat, dan masukan ke dalam komputer windows 8 anda yang lupa passwordnya. untuk dapat menggunakan DVD recovery ini anda harus mengatur setting bios agar booting lewat DVD. jika anda sudah melakukan setting bios selanjutnya booting lah menggunakan DVD recovery tersebut.
jika komputer anda berhasil booting menggunakan DVD recovery yang anda buat, maka halaman komputer anda akan tampak seperti gambar dibawah ini, klik menu Troubleshot.
reset password windows 8 langkah 4
pada layar berikutnya klik menu Advance Option
reset password windows 8 langkah 5
layar berikutnya pilih Command Prompt
reset password windows 8 langkah 6
jendela command prompt akan muncul ketikan perintah dibawah ini satu persatu.
diskpart
exit
reset password windows 8 langkah 7
anda akan melihat partisi-partisi drive yang terinstall di komputer anda, disini anda harus bisa mengidentifikasi drive mana tempat instalasi windows anda berada. biasanya sih windows anda terinstall di drive C: , bagi anda yang windowsnya bukan di drive C: silahkan anda menyesuaikan perintah-perintah berikutnya.
selanjutnya ketikan perintah-perintah berikut ini satu persatu (jika instalasi windows anda bukan di drive C: pastikan anda mengganti drive C yang ada pada perintah dibawah ini dengan drive letter anda)
C:
cd windows
cd system32
copy cmd.exe cmd.exe.original
copy Utilman.exe Utilman.exe.original
del Utilman.exe
ren cmd.exe Utilman.exe
shutdown –r –t 00
ketikan perintah diatas satu persatu ya, jangan sekaligus.
perintah diatas berfungsi untuk memanggil tools yang dapat mereset password windows 8 anda kemudian melakukan restart. setelah komputer anda restart anda akan dibawa kehalaman login screen. klik tombol ease of access yang terdapat di login screen anda.
reset password windows 8 langkah 8
nanti akan muncul jendela command prompt lagi, kali ini ketikan perintah berikut :
net user
perintah diatas untuk mengetahui secara pasti username yang akan anda reset passwordnya, dalam contoh diatas username yang akan saya reset passwordnya adalah eridesktop.com
reset password windows 8 langkah 9
nama user anda tentu saja akan berbeda dengan gambar diatas, jadi silahkan anda sesuaikan ya. berikutnya ketikan perintah dibawah ini
net user username-anda *
karena username pada komputer saya adalah eridesktop.com maka pada bagian username-anda saya ganti dengan eridesktop.com sehingga perintah yang harus saya ketikan adalah
net user eridesktop.com *
untuk anda, silahkan anda sesuaikan sendiri.
reset password windows 8 langkah 10
setelah anda mengetikan perintah diatas dan menekan enter, maka anda akan diminta untuk memasukan password, lah kita kan lupa passwordnya apaan..?? nah password yang dimaksudkan disini adalah password baru anda, untuk itu silahkan masukan password baru anda, tekan enter dan masukan sekali lagi password baru anda.
jika sudah keluar dari jendela command prompt dengan mengetikan perintah
exit
dan sekarang anda bisa login menggunakan password baru anda.
jangan beranjak dulu, karena langkah anda belum selesai. anda memang sudah bisa login ke windows dengan password baru tapi anda harus mengembalikan settingan yang telah anda buat tadi menggunakan recovery disc.
sekarang restart kembali komputer anda dan booting menggunakan DVD recovery. pada halaman recovery uption yang muncul pilih troubleshot > advance > command prompt (persis dengan langkah anda diawal tadi), lalu pada jendela command prompt ketikan perintah berikut :
C:
cd windows
cd system32
del Utilman.exe
ren Utilman.exe.original Utilman.exe
ren cmd.exe.original cmd.exe
shutdown -r -t 00
ingat, jika drive windows anda bukan di C maka silahkan anda sesuaikan ya. jangan lupa untuk mengetikan perintah diatas satu persatu jangan sekaligus.
perintah ini akan mengembalikan settingan komputer anda ke settingan normal. setelah komputer anda restart maka selesailah sudah langkah anda dalam mereset password windows 8.

Ditulis Oleh : Unknown // 00.41
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About