Whedey Ampalor
Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 04 Februari 2013

kostumasi windows 8 boot menu dan mengaktifkan advance startup

Tingkat performa dan kemanan dari sistem booting Windows 8 mengalami peningkatan, hal ini ditandai dengan tingkat kecepatan booting yang relatif lebih singkat dari pada versi Windows sebelumnya. Untuk segi keamanan Windows 8 mendukung sistem boot Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) , dengan fitur ini Windows 8 dapat memisahkan interface Sistem Operasi dengan platform firmware, dengan demikian Windows 8 dapat mencegah serangan malware (seperti virus, trojan, worm dlsb) pada saat proses booting sedang berlangsung.
Pada Windows 8 terdapat fitur yang bernama advance startup option dimana Anda bisa memilih salah satu opsi startup, pilihan seperti masuk safe mode, melakukan perbaikan komputer (repair), masuk ke console mode (dengan command prompt), sistem restore, kini bisa akses dengan mudah melalui Windows 8 Anda, tanpa harus balapan mencet tombol F8 lagi (Anda yang sering masuk ke safe mode pasti akan paham…:D ).
Sebenarnya fitur ini nggak baru-baru amat sih, di Windows versi sebelumnya kita mengenalnya dengan istilah advance boot option , dimana untuk mengaksesnya Anda harus merestart komputer dan Anda harus buru-buru menekan tombol F8 sebelum boot screen Anda muncul. namun dari segi tampilan pada versi Windows terdahulu masih berupa text sedangkan pada Windows 8 tampilannya berupa grafis dan jauh lebih fresh.
reset password windows 8 langkah 6
namun untuk mengaktifkan advance startup dan mengakses safe mode pada windows 8 ini agak sedikit belibet. nah dengan program berikut ini anda bisa melakukan modifikasi windows 8 boot menu, tanpa repot karena memang tinggal klik dan klik saja.
untuk melakukan modifikasi windows 8 boot menu kali ini kita akan menggunakan sebuah program mini nan gratis yang bernama Boot UI Tuner. program ini sangat simpel, tidak ada pengaturan yang rumit dan njelimet disini karena anda tinggal centang dan ceklist saja settingan yang anda inginkan.
pada program ini anda bisa mengaktifkan advance startup secara permanen, dengan menandai pilihan Enable Advance Options of boot menu. jika anda mengaktifkan pilihan ini maka setiap kali komputer anda booting maka windows 8 anda akan menampilkan advance option menu seperti gambar diatas. advance option screen diatas dapat anda gunakan untuk berbagai keperluan recovery termasuk untuk masuk ke safe mode.
jika anda menandai pilihan Enable editing of boot options at startup, maka saat booting anda akan di suguhkan oleh menu untuk mengatur boot options dari sistem kernel. jika anda ingin menonaktfikan animasi boot screen untuk performa yang lebih baik maka anda bisa menghilangkan pilihan pada Enable Windows Logo.
Enable messages, berfungsi untuk mengaktfikan atau menonaktifkan pesan pra booting, seperti pesan notifikasi akan adanya update, please wait…dlsb.
Enable loading circle, untuk mengaktifkan dan menonaktfikan icon lingkaran yang muncul saat loading.
Enable legacy boot menu, berfungsi untuk mengembalikan legacy options pada boot menu windows 7
modifikasi boot menu
jika anda tertarik untuk mengutak-atik boot menu windows 8 anda, program ini dapat anda gunakan secara gratis..!! jangan takut, aman kok, tapi tetap anda harus membuat system restore terlebih dahulu ya….
Download Boot UI Tuner

Post related to kostumasi windows 8 boot menu dan mengaktifkan advance startup

Ditulis Oleh : Unknown // 04.54
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About