Whedey Ampalor
Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 23 Januari 2013

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi





Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi - Keyboard merupakan salah satu perangkat yang paling terpenting pada sebuah Laptop. Bila ada masalah pada keyboard, maka tentu segala pekerjaan yang hendak dilakukan dengan Laptop akan terbengkalai. Tidak berfungsinya keyboard laptop dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya dalah terkena air, debu, maupun keyboard yang sering berada pada ruangan dengan suhu yang lembab.

Namun demikian ada beberapa cara atau langkah yang dapat dilakukan untuk memperbaiki Keyboard Laptop yang tidak berfungsi, dalam hal ini perbaikannya dapat dilakukan sendiri tanpa harus pergi ketukang service apabila kerusakannya bukan diakibatkan oleh software atau memang kerusakan keyboard itu sendiri memang cenderung sudah sangat parah.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

Dalam memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi secara baik, maka berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk menanganinya.

1. Mendiagnosis masalah
Ketika Anda menekan tombol pada keyboard laptop Anda, maka pastikan hal apakah yang membuat keyboard laptop tidak bergerak, apakah hal itu hanya diakibatkan oleh keyboard yang macet? Atau apakah laptop sebenarnya menanggapi masukan yang Anda lakukan melalui keyboard? Dalam hal ini maka pastikan Anda menekan semua tombol yang ada pada laptop Anda. Pastikan bahwa dari penekanan beberapa tombol, akan ada respon dari laptop terhadap salah satu tombol keyboard yang Anda tekan tersebut. Jika semua tombol kunci tidak terpengaruh, maka kemungkinan yang terjadi adalah ada kerusakan pada perangkat lunak didalam laptop Anda.

2. Bersihkan tombol yang tidak bekerja
Bila kerusakan keyboard hanya terjadi pada bagian tombol tertentu, maka ambil sebuah kain serat yang sedikit dibasahkan, dan cobalah membersihkan pada permukaan tombol yang rusak tersebut. Anda juga dapat membuka tombol keyboard yang macet akibat terkunci oleh sesuatu hal, seperti debu dan lain sebagainya, namun dalam hal ini Anda harus berhati-hati melakukannya agar tidak terjadi kerusakan lebih lanjut pada tombol keyboard yang hendak Anda perbaiki.

3. Lepaskan tombol yang tidak bekerja
Melakukan hal ini dapat dilakukan dengan bantuan gunting kuku dan menarik keluar tombol yang mengalami kerusakan. Gunakan hook kecil untuk menarik secara perlahan sampai kunci memang benar-benar telah tertarik keluar. Angkatlah engsel plastik yang terlipat dibawah bagian tombol yang rusak tersebut, dan lakukan pembersihan secara hati-hati.

4. Bersihkan sensor keyboard dengan kain kering
Sensor adalah penggerak kecil yang berbentuk foil dengan bentuk sebuah baris, merupakan komponen atau kunci yang telah terhapus. Berhati-hatilah membersihkannya, sebab perangkat ini sangat peka, dan telah rusak, maka akan membutuhkan harga yang sangat mahal untuk membeli perangkat yang baru. Lakukanlah pembersihan dengan cara lembut dengan kain serat yang kering untuk menghilangkan debu atau remah atau juga partikel yang mengganggu keyboard berfungsi dengan baik. Jangan membersihkan dengan kain basah, sebab hal ini akan mempertinggi resiko kerusakan keyboard.

5. Pasang kembali tombol secara benar
Pasang kembali tombol yang sudah Anda bersihkan sesuai dengan tempat seperti Anda membukanya sebelumnya. Tutup bagian tombol secara tepat dan tidak berubah dari posisi yang semula, ketika Anda membukanya.

6. Uji Keyboard Anda

Setelah pemasangan selesai dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah menguji bagian keyboard yang baru saja Anda bersihkan. Bila dalam pengujian tombol juga belum bekerja, maka coba restart komputer Anda, atau mengaktifkan system restore dan hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa masalah bukan terjadi pada perangkat lunak.

Bila langkah-langkah diatas sudah Anda lakukan, tetapi belum ada hasil yang memuaskan, maka langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah konsultasi lebih lanjut tentang permasalah keyboar laptop yang Anda alami kepada tukang service komputer yang terdekat dengan Anda.

Ditulis Oleh : Unknown // 19.54
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About