Whedey Ampalor
Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 23 Januari 2013

Jenis Prosesor Terbaru


Adu Dua Jenis Prosesor Terbaru - Apple A5X Vs NVidia Tegra 3

Adu Dua Jenis Prosesor Terbaru - Apple A5X Vs NVidia Tegra 3 The New iPad dari Apple datang dengan jenis prosesor terbaru dari Apple, yakni chip Apple A5X. Tentunya prosesor ini datang untuk menjadi kompetitor prosesor NVidia Tegra 3 yang diklaim sebagai prosesor dengan performa terbaik saat ini. Lalu, bagaimana jika dua jenis prosesor ini diadu? Berikut ini adalah ulasannya.
Desain
Kedua jenis prosesor ini, menggunakan desain yang sangat berbeda. NVidia mengklaim dirinya sebagai perusahaan produsen prosesor mobile terdepan. Hal ini dibuktikan dengan peluncuran prosesor dual core pertama di dunia NVidia Tegra 2 dan prosesor quad core pertama di pasaran, NVidia Tegra 3. Tak hanya itu, kedua jenis prosesor terbaru itupun bisa digunakan baik di smartphone maupun tablet. Secara desain, jenis prosesor terbaru NVidia Tegra memang berbeda dengan prosesor lain. Prosesor mobile ini memiliki 4 core plus core tambahan. Tak cukup itu, prosesor ini juga memiliki 12 core GPU yang menunjang grafis ciamik.
Sedang Chip A5X merupakan generasi selanjutnya dari chip A5 yang ditemukan pada iPad 2 dan iPhone 4S. Sebagai sebuah prosesor yang dituntut untuk memiliki performa tinggi, maka selayaknya prosesor ini sanggup memainkan tampilan yang ‘wah’. Terlebih Apple terkenal dalam kemampuannya menampilkan grafis yang bagus, baik dalam segi UI ataupun untuk gaming. Dalam chip ini, terdapat dual core prosesor yang ditunjang dengan quad core GPU.
Ketika melihat sebuah desain prosesor, tentunya isu yang cukup menjadi perhatian adalah konsumsi energi. Bagaimana dengan konsumsi energi dua jenis prosesor terbaru ini? Chip A5X, rumornya hanya akan ditemukan pada New iPad. Sedang untuk iPhone terbaru, Apple akan memakai prosesor lain. Jika hal ini benar, maka pengguna New iPad tak perlu khawatir mengenai hal satu ini. Namun hal ini berbeda untuk NVidia Tegra 3. Prosesor ini digunakan untuk smartphone dan tablet. Tentu saja perlu ada pengaturan khusus jika prosesor ini digunakan di smartphone.
New iPad terkenal dengan layarnya yang memiliki resolusi tertinggi di pasaran tablet saat ini. Tentu saja hal ini membutuhkan konsumsi tenaga yang banyak. NVidia Tegra 3 juga dikatakan dapat men-support layar HD yang memiliki resolusi tinggi. Jadi kedua prosesor ini sama-sama membutuhkan power yang besar. Namun, dari segi efisiensi, nampaknya NVidia Tegra lebih unggul. Kita lihat pada tablet Transformer Prime dengan baterai 6930 mAh dapat bertahan hingga 10 jam. Sedang, New iPad yang memiliki baterai dengan kapasitas hampir dua kali lipat, yakni 11.666 mAh juga dapat bertahan selama 10 jam.
Tes
Lalu, bagaimana dengan performa kedua jenis prosesor terbaru itu. Laptop Mag telah melakukan uji benchmark terhadap kedua jenis prosesor terbaru tersebut. Dalam uji tersebut, Laptop Mag menggunakan GLBenchmark 2.1 untuk mengetes grafis dua perangkat, yakni New iPad yang menggunakan chip A5X dan Transformer Prime yang memiliki NVidia Tegra 3.
Dalam uji grafis tersebut, didapatkan bahwa A5X memiliki kemampuan rendering sekitar dua kali fps lebih banyak dibandingkan NVidia Tegra 3 berdasarkan tes Open GL 3D. Hal ini membuktikan bahwa jenis prosesor terbaru A5X mampu melakukan rendering empat kali lebih cepat dibandingkan dengan Tegra 3. Namun dalam uji lain, NVidia Tegra 3 lebih unggul. Dalam uji performa memakai Geekbench, Tegra 3 mengalahkan A5X dalam hal integer, floating point serta memory test.
Kesimpulan
Dari perbandingan dua jenis prosesor terbaru di atas, masing-masing memiliki keunggulan tersendiri. Apple A5X lebih unggul dari segi grafis. Sedang NVidia Tegra 3 mempunyai kelebihan pada proses data yang lebih cepat dan efisiensi tenaga yang lebih baik. So, bagi Anda yang mencari perangkat mobile gaming, tak salah jika Anda memilih New iPad. Sedang bagi mereka yang memerlukan tablet untuk keperluan kantor, alangkah baiknya jika memilih tablet dengan prosesor NVidia Tegra 3. [IB]

Ditulis Oleh : Unknown // 20.10
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About